Sunday, March 17, 2013

Introspeksi Diri Membawa Kita pada Kehidupan yang Lebih Baik I

Introspeksi diri / berkaca atas apa yang telah kita lakukan akan membuat kita tahu apa saja kesalahan dan kelalaian yang telah kita lakukan dan tidak kita sadari.

Kenapa demikian?? Misalnya saja pada akhir Ujian semester kita mendapatkan nilai yang kurang memuaskan. Kita berkaca, apa aja sih yang telah kita lakukan selama ini?? Apakah kita belajar dengan sungguh-sungguh?? Apa kita sudah berusaha maksimal?? Bukannya malah menyalahkan dosennya ini itu. hehe. Seharusnya kita sadar, kalau memang dosennya sangat sulit memberikan nilai yang bagus, seharusnya kita mencari cara apa saja dan bagaimana agar dosennya menjadi berbaika hati kepada kita.

Salah satu cara yaitu dengan menggunakan asas timbal balik / karma. Saya yakin karma itu ada, baik untuk orang-orang yang berbuat jahat, juga untuk orang-orang yang berbuat baik. Jika kita berbuat baik terhadap dosen yang killer itu, kita berpikiran positif kepadanya, saya yakin orang itu akan memberikan timbal balik yang positif juga terhadap kita. Yang ada dipikiran kita, itulah yang akan terjadi. Begitu kata orang-orang yang sukses. Atau dengan cara kita doakan saja dia agar hatinya luluh dan mencair bak es yang dipanasi. hehe. Kebanyakan nonton ceramah Ustad Yusuf Mansur nih sampai-sampai mendoakan orang yang ingin diluluhkan hatinya.

Saya yakin sekeras-kerasnya hati seseorang, dia bisa luluh juga. Batu aja bisa rusak jika ditetesi air terus menerus. Apalagi kalau sudah mencampurkan atau memasrahkan segala urusan kepada Allah SWT. Apa yang tidak bisa dilakukanNya?? Impossible is Nothing.

Kata salah seorang dosen saya, sukses itu berawal dari keyakinan, makanya dari tadi saya berkata saya yakin, saya yakin semua akan berjalan dengan baik, jika kita melakukannya dengan baik.

Jangan lupa luangkan waktu kita kita setidaknya 10 menit untuk introspeksi diri. Semoga kita termasuk orang-orang yang beruntung.

Amin Ya Robbal 'alamin..

No comments:

Post a Comment