Manajemen Strategik 1.1
Hakekat dan Manfaat Manajemen Strategik
Arti dan Manfaat Manajemen Strategik
Apa yang dimaksud dengan Manajemen Strategi?
- Manajemen strategi dapat didefinisikan sebagai ilm tentang perumusan, pelaksanaan, dan evaluasi keputusan-keputusan lintas fungsi yang memungkinkan organisasi mencapai tujuannya.
- Manajemen strategi terfokus pada upaya memadukan manajemen, pemasaran/akuntansi, produksi/operasi, penelitian dan pengembangan, serta sistem informasi komputer untuk mencapai keberhasilan organisasi.
- Manajemen Strategi : Suatu seni & ilmu dari pembuatan (formulating), penerapan (implementing) & evaluasi (evaluating) keputusan strategis antar fungsi yang memungkinkan sebuah organisasi mencapai tujuan pada masa datang.
Strategi
- Christensen, strategi : Pola-pola berbagai tujuan serta kebijaksanaan dasar dan rencana-rencana untuk mencapai tujuan tersebut, dirumuskan sedemikian rupa sehingga jelas usaha apa yang sedang dan akan dilaksanakan perusahaan, demikian juga sifat perusahaan baik sekarang atau yang akan datang.
- Glueck, strategi : Satu kesatuan rencana yang komprehensip yang menghubungkan kekuatan strategi perusahaan dengan lingkungan yang dihadapinya, kesemuanya menjamin agar tujuan perusahaan tercapai.
Pekerjaan Kritis dari Manajemen Strategik
- Merumuskan misi perusahaan.
- Pengaturan satu analisis internal.
- Menilai lingkungan eksternal-suasana kompetitif dan umum.
- Menganalisis pilihan perusahaan yang sesuai sumber daya dengan lingkungan eksternal
- Mengidentifikasi pilihan yang paling diinginkan pada misi yang ringan.
- Memilih bentuk objektif jangka panjang dan strategi utama yang akan mencapai hak suara yang diinginkan.
- Mengembangkan objektif tahunan dan strategi jangka pendek yang dapat dipertukarkan dengan objektif jangka panjang dan strategi utama
Pentingnya Strategi Perusahaan
- Strategi merupakan cara untuk mengantisipasikan masalah-masalah dan kesempatan masa depan pada kondisi yang berubah dengan cepat.
- Strategi dapat memberikan tujuan dan arah perusahaan di masa depan.
- Memberikan info kepada manajemen puncak dalam merumuskan tujuan akhir perusahaan dengan memperhatikan etika masyarakat, lingkungan, dan sebagainya.
Karakteristik Masalah Strategik
- Berorientasi pada masa depan.
- Biasanya berhubungan dengan unit bisnis yang sangat komplek.
- Memerlukan perhatian dari manajemen puncak.
- Akan mempengaruhi kemakmuran jangka panjang dari perusahaan.
- Melibatkan pengalokasian sejumlah besar sumber daya perusahaan.
Sumber : slide ppt dosen
No comments:
Post a Comment