Saturday, March 30, 2013

Manfaat Sedekah

Apa Manfaat Sedekah??

Manfaat sedekah hampir sama dengan penjelasan tentang keutamaan sedekah pada postingan saya sebelumnya. Tetapi disini saya lebih menekankan kepada manfaat sedekah yang diterima orang yang bersedekah dan orang yang mendapat sedekah.

Pertama bagi orang yang bersedekah
Apa anda pernah bersedekah?? Pasti sudah pernahlah walau hanya dalam jumlah yang relatif kecil. Tidak apa-apa, kita sama-sama belajar dari hal-hal yang kecil lalu ditingkatkan ke jumlah yang lebih besar lagi. Saya yakin anda pernah bersedekah seribu, dua ribu, lima ribu hingga dalam nominal yang bernilai jutaan. Jika kita hanya bersedekah melewati lembaga-lembaga, mungkin manfaat sedekah yang kita rasakan akan berbeda dengan bersedekah secara langsung kepada orang lain yang membutuhkan.
Cobalah sekali-kali anda pergi ketempat yang kumuh. Di sana pasti banyak fakir miskin atau orang-orang yang membutuhkan uluran tangan kita. Lalu berilah sejumlah uang yang anda punya. Apa yang anda rasakan?? Bulu kuduk anda akan merinding melihat tangis haru orang yang anda sedekahi dan melihat kegembiraan diraut wajah mereka.
Seribu rupiah di kantong anda mungkin tidaklah berharga. Tapi bagi mereka itu sangat berharga sekali untuk membeli kebutuhan atau hanya makan sehari.

Kedua bagi orang yang mendapat sedekah
Ketika masuk dalam bulan Ramadhan biasanya banyak yayasan-yayasan atau lembaga-lembaga yang membeli makanan untuk bekal berbuka puasa. Waktu itu dijalan-jalan banyak juga orang-orang yang meminta-minta demi terpenuhinya kebutuhan untuk hidup keluarganya. Lalu ada seorang ibu yang sangat berbahagia hingga meneteskan air matanya dan seolah berkata Alhamdulillah ada rizki untuk anak-anak saya makan. Sambil berlari ke pinggir jalan beliau terus tersedu-sedu. Alangkah besar sekali pelajaran yang saya terima waktu itu.
Ada juga pengemis yang ketika kita beri seribu rupiah, dia tidak bersyukur dan malah memberi kita muka juteknya. Astaghfirullah... Biarlah yang seperti itu, yang penting kita iklas ingin membantu meringankan beban mereka

Saya berdoa untuk para pembaca, saya, keluarga saya, keluarga para pembanca, teman-teman dan seluruh orang mendapatkan rizki yang banyak sekali dan diringankan tangannya untuk membantu saudara-saudara kita yang membutuhkan. Amin

Semoga artikel saya dapat menggugah hati saudara-saudara, dan membuat kita lebih banyak bersedekah. Amin

2 comments:

  1. As'salammuallaikum. Alhamdullilah. Terima kasih atas informasinya. La Haula Wa La Quwwata Illa Billahil Aliyyil Azim. Subhanallohil Azim. shodaqoh97.blogspot.com.

    ReplyDelete
  2. Wa'alaikumussalam Warahmatullah..
    Terima kasih sudah berkenan mampir

    ReplyDelete