Sunday, March 31, 2013

Para Penerima Sedekah

Para Penerima Sedekah

 

Siapa Saja Para Penerima Sedekah??

Kadang ketika kita memiliki rizki yang lebih dan ingin bersedekah sebagiannya, kita bingung, siapa ya yang berhak sebagai penerima sedekah?? Sebenarnya tidak usah bingung-bingung. Banyak kan orang-orang di daerah terpencil yang membutuhkan uluran tangan anda. Datang saja pada mereka atau mereka yang berhak menerima zakat

Beberapa Penerima Zakat Bisa Dimasukkan Sebagai Penerima Sedekah

Anda semua pasti sependapat dengan saya. Beberapa dari para penerima zakat juga bisa dimasukkan atau dikategorikan sebagai penerima sedekah. Siapa sajakah mereka??
Para penerima zakat yang bisa dimasukkan sebagai para penerima sedekah antara lain:
  • Fakir
    Orang yang tidak memiliki pekerjaan termasuk orang yang fakir. Orang yang memiliki pekerjaan tapi hanya cukup membiayai separuh kebutuhannya juga disebut orang fakir. Fakir termasuk dalam orang-orang yang sangat berhak sebagai penerima sedekah.
  • Miskin
    Orang yang bekerja tapi tidak bisa mencukupi seluruh kebutuhannya. Atau bisa juga orang yang hanya bisa mencukupi kebutuhan lebih dari separuhnya saja.
  • Budak
    Budak juga perlu disedekahi apalagi yang ingin dibebaskan dari majikannya.
Lalu apa penerima zakat yang lain tidak bisa dikategorikan sebagai penerima sedekah?? Jawabannya bisa juga, tapi alangkah lebih tepatnya jika diberikan kepada ketiga golongan penerima sedekah di atas.

Anak Yatim Merupakan Yang Pertama Sebagai Penerima Sedekah

Kenapa anak yatim merupakan yang pertama sebagai penerima sedekah??
Anak Yatim adalah anak yang tidak memiliki bapak. Padahal seharusnya seorang bapaklah yang menafkahi keluarganya. Walaupun ibunya bekerja, tapi kebanyakan tidak bisa mencukupi kebutuhan keluarganya. Makanya saya menghimbau untuk mensedekahi anak yatim terlebih dahulu.

Misal anak yatimnya sudah bekerja gimana?? Pasti dia menghimbau agar kita memberi sedekah kepada anak yatim dari keluarga fakir atau yang lebih membutuhkan. Mereka telah merasakan dan pasti lebih tahu dari pada kita.

Misal masih ada yang bingung mau kemana kita menyedekahkan sedekah kita. Salurkan saja sedekah anda ke
  • PPPA (Pondok Pesantren Penghafal Al Quran), 
  • Dompet Duafa, 
  • TDA (Tangan Di Atas), 
  • Yatim Mandiri
  • Lembaga sosial yang lain