Thursday, March 21, 2013

Manajemen Strategik 1.1

Hakekat dan Manfaat Manajemen Strategik

 Arti dan Manfaat Manajemen Strategik

 Apa yang dimaksud dengan Manajemen Strategi?

  • Manajemen strategi dapat didefinisikan sebagai ilm tentang perumusan, pelaksanaan, dan evaluasi keputusan-keputusan lintas fungsi yang memungkinkan organisasi mencapai tujuannya.
  • Manajemen strategi terfokus pada upaya memadukan manajemen, pemasaran/akuntansi, produksi/operasi, penelitian dan pengembangan, serta sistem informasi komputer untuk mencapai keberhasilan organisasi.
  • Manajemen Strategi : Suatu seni & ilmu dari pembuatan (formulating), penerapan (implementing) & evaluasi (evaluating) keputusan strategis antar fungsi yang memungkinkan sebuah organisasi mencapai tujuan pada masa datang.

 Strategi

  • Christensen, strategi : Pola-pola berbagai tujuan serta kebijaksanaan dasar dan rencana-rencana untuk mencapai tujuan tersebut, dirumuskan sedemikian rupa sehingga jelas usaha apa yang sedang dan akan dilaksanakan perusahaan, demikian juga sifat perusahaan baik sekarang atau yang akan datang.
  • Glueck, strategi : Satu kesatuan rencana yang komprehensip yang menghubungkan kekuatan strategi perusahaan dengan lingkungan yang dihadapinya, kesemuanya menjamin agar tujuan perusahaan tercapai.

 Pekerjaan Kritis dari Manajemen Strategik

  1. Merumuskan misi perusahaan.
  2. Pengaturan satu analisis internal.
  3. Menilai lingkungan eksternal-suasana kompetitif dan umum.
  4. Menganalisis pilihan perusahaan yang sesuai sumber daya dengan lingkungan eksternal
  5. Mengidentifikasi pilihan yang paling diinginkan pada misi yang ringan.
  6. Memilih bentuk objektif jangka panjang dan strategi utama yang akan mencapai hak suara yang diinginkan.
  7. Mengembangkan objektif tahunan dan strategi jangka pendek yang dapat dipertukarkan dengan objektif jangka panjang dan strategi utama

 Pentingnya Strategi Perusahaan

  • Strategi merupakan cara untuk mengantisipasikan masalah-masalah dan kesempatan masa depan pada kondisi yang berubah dengan cepat.
  • Strategi dapat memberikan tujuan dan arah perusahaan di masa depan.
  • Memberikan info kepada manajemen puncak dalam merumuskan tujuan akhir perusahaan dengan memperhatikan etika masyarakat, lingkungan, dan sebagainya.

 Karakteristik Masalah Strategik

  1. Berorientasi pada masa depan.
  2. Biasanya berhubungan dengan unit bisnis yang sangat komplek.
  3. Memerlukan perhatian dari manajemen puncak.
  4. Akan mempengaruhi kemakmuran jangka panjang dari perusahaan.
  5. Melibatkan pengalokasian sejumlah besar sumber daya perusahaan. 
Sumber : slide ppt dosen