Monday, March 18, 2013

Belajar Akuntansi I (Pengertian & Pihak-Pihak yang Berkepentingan)

Akuntansi adalah seni pencatatan (transaksi), penggolongan (buku besar), pengklasifikasian (neraca atau laba rugi) dan pelaporan (laporan keuangan) posisi keuangan perusahaan untuk pengambilan keputusan.

Siapa yang butuh laporan keuangan perusahaan?? Untuk apa??
Yang butuh adalah pihak Internal dan Eksternal perusahaan yang tujuannya untuk pengambilan keputusan itu tadi.

Siapa saja mereka??

Pihak Internal Perusahaan :
  1. Owner
    Setiap orang yang berbisnis pasti ingin tahu bagaimana perkembangan bisnisnya. Betul?? Misal prospeknya baik, bisa saja kan ditambah lagi modalnya untuk perusahaan :D.
  2. Manajemen
    Manajemen membutuhkan laporan keuangan untuk pengambilan keputusan selanjutnya. Bagaimana cara-cara agar perusahaan lebih maju lagi. Itu tugas manajemen kan?? hehe.
Pihak Eksternal Perusahaan
  1. Bank
    Bank meminta laporan keuangan perusahaan sebagai pertimbangan pemberian kredit investasi untuk perusahaan. Pasti dilihatlah track record perusahaan. Jika bagus, kredit investasi yang diberikan bisa jadi meningkat.
  2. Supplier
    Sebenarnya supplier juga butuh untuk melihat kemampuan perusahaan membayar hutang-hutangnya atas pembelian secara kredit. Iya kan??
  3. Pemerintah
    Pemerintah menggunakan laporan keuangan perusahaan untuk penarikan pajak. Apa sudah benar besarnya pajak yang seharusnya dikeluarkan oleh perusahaan kepada negara.
  4. Investor
    Sama dengan bank, investor membutuhkan laporan keuangan perusahaan sebagai pertimbangan berinvestasi
Jurnal itu seperti apa sih?? Nanti akan saya beri contoh pada artikel selanjutnya.

Selamat beraktivitas. Sampai jumpa lagi. :D