Saturday, March 30, 2013

Keutamaan Sedekah

Apa Saja Keutamaan Sedekah??

Ada banyak sekali keutamaan sedekah yang Allah berikan kepada hambaNya. Berikut keutamaan sedekah diantaranya :
  1. Sedekah dapat menghapus dosa
    “Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api.”
    (HR. Tirmidzi, di shahihkan Al Albani dalam Shahih At Tirmidzi, 614)
    Bukan hanya bersedekah semata tetapi juga disertai dengan bertaubat, jadi amalannya menjadi pelebur dosa. Bukan mencari kekayaan dengan cara yang haram lalu disedekahkan sebagiannya, tetapi kita kembali kepada Allah dengan semurni-murninya, tidak mengulangi kesalahan dan disertai dengan sedekah.


  2. Orang yang bersedekah akan mendapatkan naungan dihari akhir
    Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menceritakan tentang 7 jenis manusia yang mendapat naungan di suatu, hari yang ketika itu tidak ada naungan lain selain dari Allah, yaitu hari akhir. Salah satu jenis manusia yang mendapatkannya adalah:

    “Seorang yang bersedekah dengan tangan kanannya, ia menyembunyikan amalnya itu sampai-sampai tangan kirinya tidak mengetahui apa yang disedekahkan oleh tangan kanannya.”
    (HR. Bukhari no. 1421)


  3. Memberi keberkahan kepada harta
    Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

    “Harta tidak akan berkurang dengan sedekah. Dan seorang hamba yang pemaaf pasti akan Allah tambahkan kewibawaan baginya.”
    (HR. Muslim, no. 2588)

    Apa yang dimaksud hartanya tidak akan berkurang? Dalam Syarh Shahih Muslim, An Nawawi menjelaskan: “Para ulama menyebutkan bahwa yang dimaksud disini mencakup 2 hal: Pertama, yaitu hartanya diberkahi dan dihindarkan dari bahaya. Maka pengurangan harta menjadi ‘impas’ tertutupi oleh berkah yang abstrak. Ini bisa dirasakan oleh indera dan kebiasaan. Kedua, jika secara dzatnya harta tersebut berkurang, maka pengurangan tersebut ‘impas’ tertutupi pahala yang didapat, dan pahala ini dilipatgandakan sampai berlipat-lipat banyaknya.”


  4. Allah melipatgandakan pahala orang yang bersedekah
    Allah Ta’ala berfirman:

    “Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipat-gandakan (ganjarannya) kepada mereka; dan bagi mereka pahala yang banyak.”
    (Qs. Al Hadid: 18)


  5. Terdapat pintu surga yang hanya bisa dilewati orang yang bersedekah
    “Orang memberikan menyumbangkan dua harta di jalan Allah, maka ia akan dipanggil oleh salah satu dari pintu surga: “Wahai hamba Allah, kemarilah untuk menuju kenikmatan”. Jika ia berasal dari golongan orang-orang yang suka mendirikan shalat, ia akan dipanggil dari pintu shalat, yang berasal dari kalangan mujahid, maka akan dipanggil dari pintu jihad, jika ia berasal dari golongan yang gemar bersedekah akan dipanggil dari pintu sedekah.” (HR. Bukhari no.3666, Muslim no. 1027)


  6. Sebagai bukti keimanan seseorang
    Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
    “Sedekah adalah bukti.” (HR. Muslim no.223)
    An Nawawi menjelaskan: “Yaitu bukti kebenaran imannya. Oleh karena itu shadaqah dinamakan demikian karena merupakan bukti dari Shidqu Imanihi (kebenaran imannya)”

  7. Membebaskan orang dari siksa kubur
    Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
    “Sedekah akan memadamkan api siksaan di dalam kubur.”(HR. Thabrani, di shahihkan Al Albani dalam Shahih At Targhib, 873)
Masih banyak lagi dari keutamaan bersedekah. Masih adakah diantara kita yang tidak mau bersedekah??

Sumber : http://muslim.or.id/ramadhan/dahsyatnya-sedekah-di-bulan-ramadhan.html