Sunday, June 08, 2014

Sharing Pengalaman Berbisnis Offline "Pasco Jemursari"

Sharing Pengalaman Berbisnis Offline "Pasco Jemursari" 

Halo para sahabat blogger Syaiful Anam Production... semoga masih tetap semangat belajar berbisnis online ya....

Saya sekedar ingin sharing tentang bisnis. Selama ini saya sama seperti anda yang ingin sukses berbisnis online. Saat ini masih menikmati proses menjadi Internet Marketer yang sukses. Semoga cepat terkabul ya teman... Aamiin..

Nah sambil belajar bisnis online, saya juga ingin belajar bisnis offline. Tapi seperti biasa, kita terkendala oleh modal, tidak ada sedikitpun pengalaman berbisnis dan tidak tahu mau menjalankan bisnis apa. Jika anda mempunyai masalah yang sama, baca artikel ini hingga selesai, saya akan beberkan pengalaman saya.

Solusi bagi yang mempunyai permasalahan di atas adalah

Tidak tahu mau berbisnis apa? Bisnis franchises saja bung. Kenapa franchise? Terus mau jual produk apa? Kalem boss...
Kenapa Franchise? Karena disini kita tidak dituntut mempunyai pengalaman (menjawab pertanyaan kedua juga) dan tidak memerlukan branding produk karena produk-produk yang difranchisekan biasanya sudah terkenal dan tersebar di seluruh Indonesia.
Produk apa yang mau dijual? Coba amati disekitar daerah anda, di depan alfamart, di kantin-kantin sekolahan, di tempat yang ada acara car free day. Di sana banyak sekali produk-produk franchise. Lihat yang paling ramai, dan bayangkan jika anda membuka produk yang sama di tempat lain (tempat strategis lain) dan ramai yang beli. Bayangkan bayangkan bayangkan dan cukup membayangkannya. Hehe.

Setelah anda mendapatkan produk yang ingin dijual, coba searching berapa besarnya modal yang diperlukan untuk membuka franchise tersebut, biaya sewa, biaya bayar karyawan, dan biaya umum lain-lain untuk operasional usaha kita.

Misal sudah tahu besarnya biaya yang dibutuhkan akan timbul masalah baru lagi yaitu modalnya besar bingiiittt dan saya tidak punya modal sebesar itu.

Untuk yang merasa tidak cukup mempunyai modal, saya sarankan untuk patungan dengan teman-teman dekat anda. Misal anda butuh modal Rp 20juta, ajak saja 10 teman anda untuk bergabung dalam bisnis anda. Jadi masing-masing orang wajib menyerahkan dana Rp 2juta. Masih kemahalan mas? Ajak 10 orang lagi jadi total 20 orang dan masing-masing menyerahkan Rp 1juta. Masih gak punya modal? Ajak teman lebih banyak lagi. Semakin banyak teman, semakin murah modalnya, semakin ruwet jika banyak perbedaan pendapat nantinya. Saran saya jangan banyak-banyak mengajak teman, ajaklah sebagian saja yang benar-benar punya keinginan sama (berbisnis).

Sambil mengumpulkan teman untuk diajak berbisnis, tanyakan juga bagaimana SOP Franchisenya dan tidak lupa mencari tempat strategis untuk menyewa stand.

Kalau sudah terkumpul beberapa teman dan modalnya, bagi tugas masing-masing. Kalau pengalaman saya sih dibagi menjadi bagian akuntansi, pembelian, gudang persediaan, koordinator lapangan, koordinator tugas masing-masing departemen.

Saya dengan teman-teman sedang menjalankan usaha Franchise Pasco di Jemursari dan akhirnya diberi nama Pasco Jemursari.

Oh ya prend, ini masih sharing sederhana dari saya, mungkin akan saya buatkan versi ebook dengan struktur yang lebih baik lagi. Semoga kita semua sukses. Aamiin

Pasco Jemursari

No comments:

Post a Comment