Sunday, February 23, 2014

Pasar Bebas untuk daerah ASEAN

Sebenarnya sudah lama saya juga ingin sharing tentang Pasar Bebas untuk daerah ASEAN, tapi baru kali ini bisa menulis sedikit informasi untuk mengingatkan anda semua.

Pasar Bebas untuk daerah ASEAN
Pasar Bebas untuk daerah ASEAN
 
Anda semua sudah tahu kan kalau tahun 2015 akan terjadi era baru yaitu Pasar Bebas untuk daerah ASEAN? Kalau belum tahu, coba searching di google dengan keyword "pasar bebas asean" atau "pasar global asean". Oleh karena itu bersiaplah, salah satunya dengan menguasai bahasa internasional yaitu bahasa Inggris.

Tahun depan tepatnya tahun 2015, barang-barang luar negri (untuk daerah ASEAN) akan mudah masuk ke dalam negri. Bukan hanya barang, pekerja dari luar negripun bisa masuk dengan mudah ke Indonesia. Begitupun sebaliknya, barang-barang dan pekerja dari Indonesia bisa dengan mudah masuk ke negara lain (daerah ASEAN).

Syarat utama pekerja Indonesia bisa bekerja di luar negri adalah harus mempunyai sertifikat keahlian masing-masing. Tukang bangunan, pembantu rumah tangga dan semua pekerjaan harus mempunyai sertifikat keahlian. Jadi saya ingatkan sekali lagi, carilah sertifikat keahlian anda agar tidak kalah bersaing dengan pekerja lain dari negara anggota ASEAN.

Saya berharap, Indonesia bisa kuat menghadapi pasar bebas ini bahkan menjadi Negara besar yang semakin maju.