Sunday, September 22, 2013

Soal Komprehensif Penggabungan Usaha S1-36

PT. Integrasi Industri melakukan perjanjian penggabungan usaha dengan PT. Hidrologi Kimia untuk memastikan pasokan yang tidak terputus dari  bahan baku untama dan untuk merealisasikan manfaat ekonomis dari penggabungan proses operasi dan usaha pemasaran untuk kedua perusahaan. Dalam perjanjian disebutkan PT. Integrasi Industri mengeluarkan 180.000 lembar saham biasa dengan nilai nominal Rp. 1.000 untuk ditukarkan dengan semua aset dan kewajiban PT. Hidrologi Kimia. Saham PT. Integrasi Industri didistribusikan kepada para pemegang saham PT. Hidrologi Kimia dan PT. Hidrologi Kimia dilikuidasi.

Berikut adalah neraca PT. Hidrologi Kimia sesaat sebelum penggabungan usaha, termasuk nilai wajarnya :

Soal Komprehensif Penggabungan Usaha S1-36

Sesaat sebelum penggabungan usaha, saham biasa PT. Integrasi Industri diperdagangkan senilai Rp. 14.000 per lembar. PT. Integrasi Industri mengeluarkan biaya langsung Rp. 135.000.000 dalam pelaksanaan penggabungan usaha dan Rp. 42.000.000 biaya untuk pendaftaran dan pengeluaran saham biasa yang dikeluarkan untuk penggabungan.

Diminta :
  1. Buatlah semua ayat jurnal yang dicatat oleh PT. Integrasi Industri pada pembukuannya untuk mencatat penggabungan usaha.
  2. Buatlah semua ayat jurnal yang seharusnya dicatat oleh PT. Hidrologi Kimia pada pembukuannya untuk mencatat penggabungan usaha dan pendistribusian saham yang diterima.
Jawab : klik disini