Thursday, June 20, 2013

Cara Memberi Breadcrumb pada Blog

Breadcrumb adalah suatu navigasi yang berisikan kategori atau label dari postingan dan bisanya selalu di awali dengan tombol menuju home (halaman depan blog).


Cara Memberi Breadcrumb pada Blog



 
Pada dasarnya Breadcrumb merupakan navigasi seo sebaris dengan tautan internal yang memungkinkan pengunjung untuk menavigasi balik ke bagian sebelumnya atau ke halaman depan dengan cepat. 

Search engine selalu membaca label atau tags setiap postingan blog, karena saat ini google sudah tidah menggunakan meta tag keyword lagi untuk mengindeks suatu website/blog, maka yang jadi perhitungan google saat ini adalah meta description dan label (kategori). Maka dari itu semakin relevan sebuah label dengan isi postingan (artikel) maka akan semakin mendapatkan kesempatan tampil di halaman depan google.

Langsung saja pada langkah-langkah pembuatan breadchumb ini : :

  • Seperti biasa anda harus login ke Blogger.

  • Langsung tuju Edit HTML.

  • Letakkan kode berikut ini tepat sebelum  kode ]]></b:skin>
    .breadcrumbs{
    padding:5px 5px 5px 0;
    margin:0;font-size:95%;
    line-height:1.4em;
    border-bottom:4px double #cadaef}
  • Setelah itu, cari kode seperti ini :
    <div class='post hentry'>
  •  
  • Letakkan kode berikut ini tepat setelah kode <div class='post hentry'>
    <b:if cond='data:blog.homepageUrl == data:blog.url'> <b:else/> <b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'> <div class='breadcrumbs'> Browse &#187; <a expr:href='data:blog.homepageUrl'>Home</a> &#187; <b:if cond='data:post.labels'><b:loop values='data:post.labels' var='label'> <a expr:href='data:label.url' rel='tag'><data:label.name/></a> <b:if cond='data:label.isLast != &quot;true&quot;'> , </b:if> </b:loop> </b:if> &#187; <data:post.title/> </div> </b:if> </b:if>
    Simpan Template.
Terima kasih untuk mas kolis untuk tutorialnya

Sumber : http://www.maskolis.com/2011/01/cara-memasang-breadcrumb-di-blogspot.html