Saturday, March 30, 2013

Sedekah

Pengertian Sedekah

Sedekah adalah segala sesuatu baik materi maupun non materi yang kita berikan kepada orang lain. Kita bisa mensedekahkan uang kita, tenaga kita, pikiran kita, pakaian kita, ilmu kita atau bahkan senyum kita kepada orang lain. Sedekah itu bisa apa saja, yang penting milik kita pribadi dan bukan milik orang lain. Jangan seperti Robin Hood, mencuri lalu menyedekahkan hasil curiannya. Jangan seperti koruptor, menyedekahkan sebagian hasil korupsinya. Sedekahkanlah milik anda, sesuatu yang anda miliki dengan jalan yang halal, bukan harta yang dimiliki dengan jalan yang haram.

Kenapa tidak boleh bersedekah atas rizki yang haram?? Karena mencari rizki yang haram itu dosa dan tidak bisa kita mensucikan harta dari melakukan dosa dengan mensedekahkan sebagiannya. Yang namanya haram tetaplah haram.

Hadist tentang Sedekah harta haram

“Janganlah engkau merasa kagum kepada orang yang memperoleh harta dari yang haram. Sesungguhnya bila dia menafkahkannya atau bersedekah, maka tidak akan diterima oleh Allah; dan bila disimpan, hartanya tidak akan berkah. Bila tersisa pun, hartanya akan menjadi bekalnya di neraka” (HR. Abu Dawud).

Jadi apa gunanya bersedekah dari harta haram, malah nanti akan menjadi bekalnya di neraka naudzubillah..
Bagi orang kaya. Jangan lupa tuh dizakati kekayaannya biar suci. Jangan lupa disedekahkan juga sebagiannya biar bertambah banyak berkali-kali lipat. Bagi yang tidak punya harta tapi tidak punya ilmu, bagi dah tuh ilmu kepada siapapun walau hanya sedikit. Bagi yang cuma punya senyuman, tebar senyumanmu pada orang lain. Jadi bersedekahlah apa saja yang kamu miliki.

Hadist tentang Pahala Sedekah

“Sesungguhnya Allah mencatat setiap amal kebaikan dan amal keburukan.” Kemudian Rasulullah menjelaskan: “Orang yang meniatkan sebuah kebaikan, namun tidak mengamalkannya, Allah mencatat baginya satu pahala kebaikan sempurna.  Orang yang meniatkan sebuah kebaikan, lalu mengamalkannya, Allah mencatat pahala baginya 10 sampai 700 kali lipat banyaknya.” (HR. Muslim no.1955)

Jadi masih adakah diantara kita yang tidak ingin bersedekah??

Baca juga