Thursday, December 13, 2012

Bersedekah

Bersedekah adalah memberikan sebagian rejeki yang kita terima kepada orang lain. Sedekah bisa kemana saja, bisa masjid, anak yatim, fakir, miskin, dan orang-orang lainnya yang membutuhkan.

Jangan takut berkurang hartanya kalau kita bersedekah karena malah harta kita yang disedekahkan dilipatgandakan oleh Allah SWT. 

Sebagaimana disebutkan dalam firman-Nya dalam surat al-Baqarah ayat 261 yang artinya :
“Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah. Adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir: seratus biji, Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.”

Di dalam kitab Durratun Nashihin ada keterangan sebagai berikut: Bahwa sedekah itu ada empat macam, di antaranya:
  1. Sedekah yang balasan pahalanya sebanyak sepuluh kali lipat adalah sedekah yang diberikan kepada orang-orang fakir.
  2. Sedekah yang balasan pahalanya sebanyak tujuh puluh kali lipat adalah sedekah yang diberikan kepada sanak famili (yang masih ada hubungan keluarga).
  3. Sedekah yang balasan pahalanya sebanyak tujuh ratus kali lipat adalah sedekah yang diberikan kepada teman-temannya.
  4. Sedekah yang balasan pahalanya sebanyak tujuh ribu kali lipat adalah sedekah yang diberikan kepada orang yang menuntut ilmu. 
Berikut ayat dalam Al-Qur'an dan hadist lain yang menjelaskan tentang keutamaan sedekah :


Allah Ta’ala berfirman:
إِنَّ الْمُصَّدِّقِينَ وَالْمُصَّدِّقَاتِ وَأَقْرَضُوا اللَّهَ قَرْضاً حَسَناً يُضَاعَفُ لَهُمْ وَلَهُمْ أَجْرٌ كَرِيمٌ
“Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipat-gandakan (ganjarannya) kepada mereka; dan bagi mereka pahala yang banyak.” (Qs. Al Hadid: 18)


"Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipat-gandakan (ganjarannya) kepada mereka; dan bagi mereka pahala yang banyak" (Qs. Al Hadid: 18)

ngguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipat-gandakan (ganjarannya) kepada mereka; dan bagi mereka pahala yang banyak.” (Qs. Al Hadid: 18)
“Orang dermawan itu dekat dengan Allah, dekat dengan manusia, dekat dengan surga dan jauh dari neraka. Sebaliknya, orang kikir itu jauh dari Allah, jauh dari manusia, jauh dari surga dan dekat ke neraka . . . ” HR. Thabrani

“Sedekah itu menghapuskan kesalahan sebagaimana air memadamkan api” HR. Tirmidzi

Salman bin Amir ra berkata: “Sedekah yang diberikan kepada orang miskin adalah sedekah biasa. Namun bila diberikan kepada familinya maka termasuk sedekah dan menyambung tali persaudaraan.” 
  
“Sesungguhnya memberi sedekah itu bisa memadamkan panasnya kubur yang akan dialami ileh pemberinya, sesungguhnya seorang mukmin hanya berlindung di bawah naungan sedekah.” (HR. Thabrani)

Ketahuilah bahwasanya  seribu rupiah yang kita rasa tidak cukup berarti itu sangat sangat berarti bagi mereka yang membutuhkan.

Sumber : http://www.income-syariah.com/ 
              http://ajiraksa.blogspot.com/2012/03/perumpamaan-orang-yang-bersedekah.html

Info : maen facebook dapat duit dapat pulsa klik di sini